Dakwah, Pengobatan, Tausiyah

  • Breaking News

    Apakah Amalan Yang Cocok Untuk Kita

    Galih Guemelar - Apakah Amalan Yang Cocok Untuk Kita  - Allah adalah Albasith yang artinya Dzat Yang Maha Meluaskan Karunia-Nya.Allah dengan rahmat-Nya menawarkan ladang amal sholeh dr yg paling ringan spt menyingkirkan duri atau batu di jalan sampai amal yag paling berat dan mahal sekalipun seperti ibadah haji.Satu sama lain mempunyai maqom keutamaannya masing-masing.

    Tidak ada amal yag palingg utama terutama wirid atau dzikir kecuali yang paling istiqomah diamalkan.

     Jadi salah satu cara memilih amalan yg cocok untuk kita adalah amalan yg membuat istiqomah.

    Misalnya seseorang yang mengamalkan riyadhoh alwaqiah 14x ba'da ashar entah ada atau tidak ada hajat akan keluasan rizki si pengamal akan tetap mengamalkannya didasari mengharap ridho Allah. 

    Begitu pula amalan suri tauladan kita –Muhammad shallallahu ’alaihi wa sallam- adalah amalan yang rutin dan bukan musiman pada waktu atau bulan tertentu. Itulah yang beliau contohkan kepada kita. ’Alqomah pernah bertanya pada Ummul Mukminin ’Aisyah mengenai amalan Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam, ”Apakah beliau mengkhususkan hari-hari tertentu untuk beramal?” ’Aisyah menjawab,

    لاَ. كَانَ عَمَلُهُ دِيمَةً

    ”Beliau tidak mengkhususkan waktu tertentu untuk beramal. Amalan beliau adalah amalan yang kontinu (ajeg).”



    Sekalipun amalan ringan spt mengawali setiap sesuatu dg basmalah selama dikerjakan dg istiqomah maka dihadapan Allah punya derajat penilaian tersendiri yg hanya Allah mengukur kadarnya dan si pengamal mempunyai maqom tersendiri di hadapan Allah.Dari ’Aisyah –radhiyallahu ’anha-, beliau mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,

    أَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى أَدْوَمُهَا وَإِنْ قَلَّ

    ”Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala adalah amalan yang kontinyu terus menerus walaupun itu sedikit.” ’Aisyah pun ketika melakukan suatu amalan selalu berkeinginan keras untuk merutinkannya.


    Wallahu a'lam.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Al - Quran

    Kisah

    Promo